Tutorial Pascal part I
STRUKTUR
PROGRAM PASCAL
Struktur dari suatu program pascal terdiri dari sebuah judul program (program heading) dan suatu blok program (program block). Block program terbagi menjadi 2 bagian , yaitu bagian deklarasi (declaration part).
Struktur dari program pascal dapat terdiri dari:
Bagian Header
PROGRAMnamaprogram ;
Bagian Deklarasi
USESnamaunit ;
TYPE namatipe = tipedata ;
VAR namavariabel : tipedata;
CONSTnamaconstanta = nilai ;
Sub Program
PROCEDUREnamaprocedur ;
{deklarasi local}
BEGIN
{kumpulan statements}
END ;
FUNCTION namafungsi = tipefungsi ;
{deklarasi lokal}
BEGIN
{kumpulan statements}
END;
Program Utama
BEGIN
{kumpulan statements}
END.
Identifier (pengenal)
Adalah nama yang dibuat oleh programmer yang berfungsi sebagai nama pengenal dari suatu elemen program, seperti nama-nama untuk judul program, variabel, konstanta, label, procedur, fungsi, dll.
Syarat-syarat penamaan suatu identifier :
Karakter pertama huruf
Karakter kedua dan seterusnya boleh huruf, angka, garis bawah,
Tidak boleh menggunakan karakter khusus (kecuali garis bawah), seperti :
. , - * / @ ! > % dsb
Tidak boleh mengandung spasi/blank
Panjang nama, bebas, tetapi hanya 63 karakter awal yang signifikan
Peubah ( variabel)
Variabel adalah suatu lokasi di memory yang disiapkan untuk menampung suatu nilai dan atau untuk mengambil kembali nilai tersebut, nilai itu data yang ditampung itu dapat berubah-ubah. Variabel besifat sementara, jika komputer dimatikan semua variabel akan hilang. Variabel hanya dipakai saat program dijalankan.
Bentuk umum pendeklarasian variabel
Var ( nama variabel) : tipe data ;
Tipe Data Sederhana
Tipe data menunjukkan suatu nilai yang dapat digunakan oleh variabel. Tipe data sederhana terbagi menjadi beberapa bagian :
Tipe data Alfanumerik
Tipe data Char (karakter)
Terdiri dari satu huruf kapital/kecil, angka (tidak untuk dihitung), atau karakter khusus.
Ditulis di antara dua tanda petik tunggal (string).
Contoh :‘A’ ‘a’ ‘5’ ‘@’ ‘+’ ‘<’ ‘*’ dll.
2. Tipe data String (untai)
Berupa rangkaian karakter yang terletak di antara 2 tanda petik
Panjang dari suatu string sebaiknya dibatasi pada bagian deklarasi dengan tanda [n], jika tidak panjangnya dianggap 255 karakter.Maksud dari 255 karakter ini adalah Kode ASCII yaitu jumlah karakter yang ada pada keyboard.
Contoh : ‘Budi’ ‘Jl. Kramat Raya No. 18’ ‘3100413’
Tipe data Boolean
Berupa nilai Logika, yaitu :
True untuk menyatakan kondisi benar
False untuk menyatakan kondisi salah
Tipe data integer atau bilangan bulat
Adalah tipe bilangan yang tidak memiliki bagian decimal.
Termasuk tipe numerik, yaitu dapat dioperasikan secara matematik.
Tipe Ukuran Memori Jangkauan
ShortInt 1 byte -128 .. 127
Byte 1 byte 0 .. 255
Integer 2 byte -32768 .. 32767
Word 2 byte 0 .. 65535
LongInt 4 byte -2147483648.. 2147483647
Tipe Integer menyediakan konstanta standar MaxInt yang bernilai 32767 dan MaxLongInt yang bernilai 2147483647.
Tipe Data Real (Pecahan)
Adalah tipe bilangan yang memiliki bagian desimal.
Termasuk tipe numeric, yaitu dapat dioperasikan secara matematik.
Tipe Ukuran Memori
Digit Signifikan Jangkauan
Single 4 byte 1.5E-45 .. 3.4E+38
7 – 8
Real 6 byte 2.9E-39 .. 1.7E+38
11 – 12
Double 8 byte 5.0E-324 .. 1.7E+308
15 – 16
Extended 10 byte 1.9E-4951 .. 1.1E+4932
19-20
Konstanta
Deklarasi konstanta menunjukkan nilai yang tetap dari suatu pengenal dan berlaku pada blok dimana deklarasi tersebut dinyatakan.
Konstanta adalah suatu nilai/data bersifat tetap (tidak dapat berubah) yang disimpan di dalam memori dan dapat diambil nilai/datanya bila dipanggil.
Konstanta sering digunakan dalam rumus fisika dan matematika.
Bentuk umum pendeklarasian konstanta :
Const<Nama Konstanta> = nilai konstanta;
Komentar
Baris komentar adalah suatu kalimat yang biasanya digunakan untuk menjelaskan kegunaan dari program atau maksud dari penggunaan suatu instruksi. Bentuk umum suatu komentar :
{Baris komentar}atau{*baris komentar*}
Ekspresi
Ekspresi adalah transformasi data dan peubah dalam bentuk persamaan yang direlasikan oleh operator dan operand. Operand adalah data, tetapan, peubah atau hasil dari suatu fungsi, sedangkan operator adalah simbol-simbol yang memiliki fungsi untuk menghubungkan operand sehingga terjadi transformasi.
Jenis-jenis operator adalah sebagai berikut :
Operator aritmatika : operator untuk melakukan fungsi aritmatika seperti : + , - , * , / .
Operator Relation : Operator untuk menyatakan relasi atau perbandingn antara dua operand, seperti : >(lebih besar), <(lebih kecil), >=(lebih besar atau sama), <=(lebih kecil atau sama), =(sama), != atau >< atau <> (tidak samadengan).
Operator logika : operator untuk merelasikan operand secara logis, seperti : and, or, dan not
Instruksi Input/Output
Perintah Read dan Readln
Digunakan untuk meminta masukan dari keyboard untuk diolah komputer
Tipe data yang dicetak dapat berupa integer, real, character string ataupun Boolean dll.
Perbedaan Read dan Readln terletak setelah meminta masukan. Jika readln akan diakhiri dengan pindah baris, sedangkan pada read tidak.
Read {<Nama Variabel>} ; atau
Readln {<Nama Variabel> };
Perintah Write dan Writeln
Digunakan untuk mencetak hasil proses. Tipe data yang dicetak dapat berupa Integer, Real, Character String ataupun Boolean.
Perbedaan Write dan Writeln terletak setelah mencetak. Jika Writeln akan diakhiri dengan pindah baris, sedangkan pada Write tidak.
Write(<nama variabel>);atau Writeln(<nama variabel>)
Struktur dari suatu program pascal terdiri dari sebuah judul program (program heading) dan suatu blok program (program block). Block program terbagi menjadi 2 bagian , yaitu bagian deklarasi (declaration part).
Struktur dari program pascal dapat terdiri dari:
Bagian Header
PROGRAMnamaprogram ;
Bagian Deklarasi
USESnamaunit ;
TYPE namatipe = tipedata ;
VAR namavariabel : tipedata;
CONSTnamaconstanta = nilai ;
Sub Program
PROCEDUREnamaprocedur ;
{deklarasi local}
BEGIN
{kumpulan statements}
END ;
FUNCTION namafungsi = tipefungsi ;
{deklarasi lokal}
BEGIN
{kumpulan statements}
END;
Program Utama
BEGIN
{kumpulan statements}
END.
Identifier (pengenal)
Adalah nama yang dibuat oleh programmer yang berfungsi sebagai nama pengenal dari suatu elemen program, seperti nama-nama untuk judul program, variabel, konstanta, label, procedur, fungsi, dll.
Syarat-syarat penamaan suatu identifier :
Karakter pertama huruf
Karakter kedua dan seterusnya boleh huruf, angka, garis bawah,
Tidak boleh menggunakan karakter khusus (kecuali garis bawah), seperti :
. , - * / @ ! > % dsb
Tidak boleh mengandung spasi/blank
Panjang nama, bebas, tetapi hanya 63 karakter awal yang signifikan
Peubah ( variabel)
Variabel adalah suatu lokasi di memory yang disiapkan untuk menampung suatu nilai dan atau untuk mengambil kembali nilai tersebut, nilai itu data yang ditampung itu dapat berubah-ubah. Variabel besifat sementara, jika komputer dimatikan semua variabel akan hilang. Variabel hanya dipakai saat program dijalankan.
Bentuk umum pendeklarasian variabel
Var ( nama variabel) : tipe data ;
Tipe Data Sederhana
Tipe data menunjukkan suatu nilai yang dapat digunakan oleh variabel. Tipe data sederhana terbagi menjadi beberapa bagian :
Tipe data Alfanumerik
Tipe data Char (karakter)
Terdiri dari satu huruf kapital/kecil, angka (tidak untuk dihitung), atau karakter khusus.
Ditulis di antara dua tanda petik tunggal (string).
Contoh :‘A’ ‘a’ ‘5’ ‘@’ ‘+’ ‘<’ ‘*’ dll.
2. Tipe data String (untai)
Berupa rangkaian karakter yang terletak di antara 2 tanda petik
Panjang dari suatu string sebaiknya dibatasi pada bagian deklarasi dengan tanda [n], jika tidak panjangnya dianggap 255 karakter.Maksud dari 255 karakter ini adalah Kode ASCII yaitu jumlah karakter yang ada pada keyboard.
Contoh : ‘Budi’ ‘Jl. Kramat Raya No. 18’ ‘3100413’
Tipe data Boolean
Berupa nilai Logika, yaitu :
True untuk menyatakan kondisi benar
False untuk menyatakan kondisi salah
Tipe data integer atau bilangan bulat
Adalah tipe bilangan yang tidak memiliki bagian decimal.
Termasuk tipe numerik, yaitu dapat dioperasikan secara matematik.
Tipe Ukuran Memori Jangkauan
ShortInt 1 byte -128 .. 127
Byte 1 byte 0 .. 255
Integer 2 byte -32768 .. 32767
Word 2 byte 0 .. 65535
LongInt 4 byte -2147483648.. 2147483647
Tipe Integer menyediakan konstanta standar MaxInt yang bernilai 32767 dan MaxLongInt yang bernilai 2147483647.
Tipe Data Real (Pecahan)
Adalah tipe bilangan yang memiliki bagian desimal.
Termasuk tipe numeric, yaitu dapat dioperasikan secara matematik.
Tipe Ukuran Memori
Digit Signifikan Jangkauan
Single 4 byte 1.5E-45 .. 3.4E+38
7 – 8
Real 6 byte 2.9E-39 .. 1.7E+38
11 – 12
Double 8 byte 5.0E-324 .. 1.7E+308
15 – 16
Extended 10 byte 1.9E-4951 .. 1.1E+4932
19-20
Konstanta
Deklarasi konstanta menunjukkan nilai yang tetap dari suatu pengenal dan berlaku pada blok dimana deklarasi tersebut dinyatakan.
Konstanta adalah suatu nilai/data bersifat tetap (tidak dapat berubah) yang disimpan di dalam memori dan dapat diambil nilai/datanya bila dipanggil.
Konstanta sering digunakan dalam rumus fisika dan matematika.
Bentuk umum pendeklarasian konstanta :
Const<Nama Konstanta> = nilai konstanta;
Komentar
Baris komentar adalah suatu kalimat yang biasanya digunakan untuk menjelaskan kegunaan dari program atau maksud dari penggunaan suatu instruksi. Bentuk umum suatu komentar :
{Baris komentar}atau{*baris komentar*}
Ekspresi
Ekspresi adalah transformasi data dan peubah dalam bentuk persamaan yang direlasikan oleh operator dan operand. Operand adalah data, tetapan, peubah atau hasil dari suatu fungsi, sedangkan operator adalah simbol-simbol yang memiliki fungsi untuk menghubungkan operand sehingga terjadi transformasi.
Jenis-jenis operator adalah sebagai berikut :
Operator aritmatika : operator untuk melakukan fungsi aritmatika seperti : + , - , * , / .
Operator Relation : Operator untuk menyatakan relasi atau perbandingn antara dua operand, seperti : >(lebih besar), <(lebih kecil), >=(lebih besar atau sama), <=(lebih kecil atau sama), =(sama), != atau >< atau <> (tidak samadengan).
Operator logika : operator untuk merelasikan operand secara logis, seperti : and, or, dan not
Instruksi Input/Output
Perintah Read dan Readln
Digunakan untuk meminta masukan dari keyboard untuk diolah komputer
Tipe data yang dicetak dapat berupa integer, real, character string ataupun Boolean dll.
Perbedaan Read dan Readln terletak setelah meminta masukan. Jika readln akan diakhiri dengan pindah baris, sedangkan pada read tidak.
Read {<Nama Variabel>} ; atau
Readln {<Nama Variabel> };
Perintah Write dan Writeln
Digunakan untuk mencetak hasil proses. Tipe data yang dicetak dapat berupa Integer, Real, Character String ataupun Boolean.
Perbedaan Write dan Writeln terletak setelah mencetak. Jika Writeln akan diakhiri dengan pindah baris, sedangkan pada Write tidak.
Write(<nama variabel>);atau Writeln(<nama variabel>)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar